5 Jenis Metode Pengobatan Kanker Lidah yang Utama !!!!





Kanker lidah adalah : Suatu penyakit yang tergolong sangat parah dan tidak bisa dianggap remeh begitu  saja , harus segara mendapatkan penangganan  dengan segara. Tujuan dari penangganan yang cepat adalah supaya pasien yang menggidap kanker lidah tersebut nantinya bisa menjalankan kehidupannya dengan baik . 





Lalu, bagaimana prosedur pengobatan kanker lidah yang baik dan benar ? Berikut  ulasannya  : 




Untuk prosedur pengobatan kanker lidah itu sendiri , dokter akan menyesuaikan dengan ukuran tumor itu sendiri, keparahan kondisi, serta seberapa jauh perkembangan sel kankernya.





Bila kanker lidah masih dalam tahap awal, pasien hanya perlu satu perawatan saja. Namun jika sel kanker sudah menjalar ke bagian yang lain maka perawatannya harus benar - benar ekstra. 





Berikut  prosedur pengobatan kanker lidah yang umum dilakukan oleh para tenaga medis. 




1. Operasi 





Operasi adalah cara terbaik yang dianjurkan dokter untuk mengobati kanker lidah yang dialami si pasien. Untuk jenis operasinya sendiri, itu ditentukan seberapa besar dan seberapa kecilnya  tumor lidah yang sudah tumbuh. 





Bila tumornya kecil dokter hanya menggangkat benjolannya saja. Sedangkan jika, kanker  lidahnya tersebut sudah benar - benar parah ? Maka dokter akan menggangkat sebagian lidah atau sebagian tulang rahang si pasien tersebut. 




Selain prosedur - prosedur yang sudah saya sebutkan diatas, ada lagi prosedur dokter yang penting untuk dokter lakukan segera saat kanker lidah  yang dialami si pasien tersebut sudah benar - benar parah , yaitu dengan mengangkat jaringan sehat dan jaringan getah bening lainnya dengan tujuan supaya si kanker lidah tersebut benar - benar  lenyap. 





Setelah si pasien tersebut melakukan prosedur tersebut, maka biasanya si pasien akan menggalami efek samping yaitu ; Sulit untuk berbicara, sulit makan,  dan sulit menggangga, dan lain sebagainnya. 





Untuk menolong si pasien agar bisa berbicara lagi, agar bisa kembali makan lagi, dan agar bisa mengganga lagi adalah dengan  melakukan operasi cangkok kulit yang diambil dari  bagian kulit lainnya atau dari bagian tubuh lainnya. Bila  sampai gigi pasien tersebut ompong maka dokter akan memakaian pasien tersebut gigi palsu. 





2. Kemoterapi 



Kemoterapi adalah : Suatu metode pengobatan kanker dengan cara  memasukkan  obat - obatan  dosis tinggi  lewat  konsumsi obat secara langsung atau melalui pembuluh darah atau biasa  melalui suntikan atau infus. 




Efek dari kemoterapi tersebut adalah sebagai berikut  : 



*  Mual dan muntah 


*  Rambut rontok 



*  Badan lemah, lesu, dan tidak bertenaga . 



* Nyeri otot dan sendi 



* Nyeri di bagian lidah yang tak kunjung hilang meski sudah minum obat anti nyeri 



* Sering terjadi pendarahan di lidah tanpa sebab 



* Nafsu makan berkurang 



* Muncul luka mirip sariawan yang akan muncul di sisi kiri , bagian atas, dan di bagian bawah lidah . 



*  Sebagian tubuh akan mati rasa, yang ditandai tangan ataupun kaki terasa kesemutan





3. Terapi Obat yang Ditargetkan 



Terapi obat target adalah : Suatu terapi  yang bertujuan untuk  menghentikan perkembangan kanker dengan mengubah struktur sel kanker itu sendiri. Dan obat yang dianjurkan oleh dokter tersebut adalah : Cetuximab (Erbitux ). 




Terapi target ini terbukti dapat membunuh sel kanker tanpa merusak jaringan - jaringan sel - sel lainnya. Terapi target dapat digunakan untuk menggatasi kanker di semua stadium baik stadium awal maupun di stadium akhir sekalipun. Dengan syarat tetap harus mematuhi peraturan dari dokter. 







4.Terapi Radiasi 



Terapi radiasi (radioterapi) adalah metode pengobatan menggunakan sinar-X berenergi tinggi untuk membunuh sel-sel kanker di dalam tubuh. Terapi radiasi dapat diberikan sehari 1-2 kali, sebanyak 5 kali dalam seminggu, selama 2-8 minggu.





Untuk mengobati kanker lidah, terapi radiasi dapat diberikan dalam dua cara. Pertama, dengan mesin X-ray yang disebut external beam radiation. Kedua, ditanam di sebelah tumor menggunakan kateter atau jarum, dinamakan internal seed radiation. 






Efek samping dari terapi sinar radiasi tersebut, adalah sebagai berikut :




* Tubuh lemas,lesu, dan tidak bertenaga 



* Perut terasa mual , dan akhirnya muntah berkali -  kali 



* Rambut rontok 



*  Kulit di area yang terkena paparan sinar radiasi menjadi lebih gelap 



* Muncul ruang kemerahan yang terasa gatal di kulit 




* Mulut kering 



* Kerusakan gigi 



* Alat pengecap dan alat perasa jadi berubah 



* Nafsu makan berkurang 





5 . Imunoterapi 


 Imunoterapi adalah : Suatu terapi pengobatan kanker lidah dengan menggunakan obat - obatan yang merangsang sistem imun guna melawan sel - sel kanker. Intinya, sistem imun tubuh si pasien tersebut akan bekerja ekstra demi melawan mikroorganisme penyebab penyakit.






Akan tetapi, sel kanker justru mengganggu kerja sistem kekebalan tubuh tersebut.
Nah, imunoterapi akan membantu mengembalikan respon sistem kekebalan tubuh untuk melawan sel-sel kanker yang berkembang di lidah. Cara mengobati kanker lidah satu ini biasanya dilakukan bila pengobatan lain sudah tidak lagi mempan.
 




Sumber : Hello sehat.com 

Komentar

Titydwijayanti mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Postingan populer dari blog ini

Puisi - Serpihan Harapanku Di Tahun 2020 !!!

Pentingnya Ketersedian Aset Air Bersih Bagi Masyarakat !!!!

Andai, Aku Bisa Memutar Waktu Kembali !!!!