Fakta - Fakta Seputar Malam 1 Syuro !!!!







Hallo kawanku blogger semuanya, dimanapun kalian berada ? Pernah gak sih kalian menonton film malam tahun baru 1 Syuro di DVD ataupun di bioskop yang filmnya itu dibintangi Suzanna? Kalau kalian pernah nonton, bagaimana ekspresi kalian saat melihatnya ? Pasti ekspresi kalian ketakutan saat menontonya soalnya filmnya itu horor banget, dan mungkin saat kalian menontonya kalian jadi takut tidur sendirian, takut keluar rumah, atau malah kalian jadi pipis terus menerus. 





Sejak dulu hingga sekarang malam 1 syuro  identik dengan hal mistis dan negatif dan ini memang benar adanya, banyak orang khususnya masyarakat kejawen wetan mengatakan bahwa bagi siapapun para gadis remaja yang sudah memiliki pasangan janganlah menikah di bulan syuro ini famali banget dan jika melanggarnya bisa kena kutukan. 





Nah, dari situlah larangan - atau pantangan itu semakin kuat adanya . Dan untuk lebih menyakinkan kalian semua ? Simak penjelasan saya berikut ini, Ya? Kawan, Let Go !!!




1. Dilarang keluar rumah pada tanggal 1 Syuro, sebab bisa menggalami hal buruk. 



 


Fakta membuktikan bahwa, keluar rumah saat tanggal 1syuro memang sangat dilarang khususnya berpergian jauh. Dan jika melanggarnya siap - siap aja kena musibah baik kecelakaan maut, atau mobil mogok, atau mobil terbakar secara tiba - tiba. Lebih baik di rumah bobok cantik, itu lebih aman. 







2. Dilarang Menggelar pernikahan di malam syuro / bulan syuro / bulan muharram 






Kepercayaan akan sebuah fakta tentang pantangan menggelar pernikahan di bulan syuro sangat dijunjung tinggi bagi masyarakat di daerah tempat tinggal saya. Hal ini dikarenakan mereka masyarakat tempat tinggal saya tidak mahu menggalami hal buruk  seperti mati secara tiba - tiba, sakit parah secara tiba - tiba, dan masakan yang tiba - tiba gosong, atau lampu yang tiba -  tiba mati dan tidak mahu menyala lagi. 






3. Malam 1 Syuro banyak makhluk gaib berkeliaran berpesta di malam itu . 





Malam 1 Syuro identik dengan malamnya makhluk gaib, itu bisa dilihat ketika Anda para sahabat blogger hendak melakukan pendakian baik di kawah ijen, gunung bromo, maupun di gunung kawi di saat bulan syuro ini. Pasti, kalian akan merasakan hawa - hawa yang aneh , atau mendengar suara - suara aneh yang minta tolong lah ? Suara aneh orang ketawa - ketiwi, dan lain sebagainnya. 




Dan  mungkin, saat Anda berjalan sekitar 500 km bersama rombongan kalian ? Pasti diantara rombongan kalian akan hilang dan ditemukan lagi mungkin dua hari atau tiga hari. Begitu kenyataan yang ada. 






3. Adat Cuci Keris 




Cuci keris adalah tradisi yang wajib dilakukan bagi warga masyarakat pedesaan khususnya warga yang masih menganut adat kejawen wetan kayak kelurgaku dan juga masyarakat tempat tinggalku . Keris yang di cuci pun ada jenisnya, seperti :Keris wesi towo, buat menghisap racun gigitan ular, dan keris - keris yang lainnya.




Tujuan dari pencucian keris tersebut supaya jin yang ada dalam keris tersebut tidak keluar atau melukai si pemilik keris atau melukai seluruh keluarga dari pemilik keris tersebut. 





4.Mandi Bunga 7 rupa





Mandi bunga tujuh rupa adalah suatu petuah yang wajib untuk dilakukan bagi mereka para gadis remaja ataupun para laki - laki lajang dengan tujuan supaya perasaan marah, kesialan, dan segala apa yang diinginkan terwujud baik karier maupun asmara.
 




Semoga kita semua selalu dilindungi   tuhan, dimanapun diri kita berada. Amin 





Sumber : Hipwee


Komentar

Kang Nata mengatakan…
Saya belum pernah nih film malam tahun baru 1 Syuro. Filmnya pasti seru dan horor yah. :)

Salah satu kebiasaan yang saya dengar tentang 1 Syuro adalah tentang cuci keris, kalau yang lainnya sepertinya baru tahu nih.
Titydwijayanti mengatakan…
Bukan seru, tapi nyeremin bikin jantung mahu copot aja, yang tentang satu syuro itu yang terpenting sih gak boleh keluar rumah terutama pergi jauh ke luar kota misalnya, terus jangan lupa nyuci keris bagi yang punya keris pusaka, bagi yang tak punya keris pusaka? Ya, melakukan ritual yang lain mandi bunga 7 rupa itu tadi.🤗🤗🤗
Rohyati Sofjan mengatakan…
Bagi saya semua hari dan bulan dalam ajaran agama Islam itu baik.
Memang banyak yang berpantang di bulan Muharam padahal saya rasa semuanya hanya ajaran adat istiadat kepercayaan lama. Jika sudah jadikan Allah sebagai pelindung, insya Allah segalanya tidak akan terjadi atas izin Allah pula.
Soal makhluk halus, segala yang gaib itu ada kaitannya bahwa Allah telah ciptakan jin dan manusia di alam yang berbeda.
Titydwijayanti mengatakan…
What? Baik, aduh persepsinya salah besar justru bulan 1 Muharram itu adalah tanggal yang famali dalam hal apapun entah buat pernikahan maupun buat liburan khususnya liburan jarak jauh, kalaupun Tante roh berkata seperti itu karena Tante roh orang kota jadi tak paham benar adat kejawen wetan.

Postingan populer dari blog ini

Puisi - Serpihan Harapanku Di Tahun 2020 !!!

Pentingnya Ketersedian Aset Air Bersih Bagi Masyarakat !!!!

Andai, Aku Bisa Memutar Waktu Kembali !!!!